Friday, 13 November 2015

Napak Tilas Kehidupan Rasulullah SAW Umur 0 s.d 25 Tahun

Status : Draft

Umur 0-4 tahun. Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah (570 M) dari ibu Siti Aminah dan Ayah Abdullah  yang wafat saat Nabi Saw masih dalam kandungan. Masa itu adalah masa Jahiliah, penduduknya sebagian besar menyembah berhala. Setelah kelahiran seperti kebiasaan umumnya penduduk Mekah, Bayi Nabi Saw dititipkan kepada ibu susunya Halimah. Dalam masa penitipan itu, saat  berumur 3 tahun,  Nabi Saw mendapatkan peristiwa luar biasa dimana dadanya di belah oleh 2 malaikat yang mendatanginya.

Pada umur 6 tahun ibunya Siti Aminah wafat, beliau menjadi Yatim piatu dan diasuh kakeknya.

Pada Umur  8 tahun kakeknya yang sangat menyayangi beliau meninggal dunia, beliau dititipkan oleh pamannya Abu Thalib

Pada umur 12 tahun, Abu Thalib mengajak Nabi Saw mulai berdagang. Saat di Syam pamanya mendengar berita Bahira bahwa kemenakannya akan menjadi seorang nabi dan berpesan untuk menjaganya.

Pada umur 14 tahun sudah mengikuti perang pertamanya membantu para pamannya menghadapi musuh Quraish.

Pada umur 25 tahun, beliau dipercaya oleh Khadijah untuk menjalankan usaha dagangnya dan gelar Al Amin yang disematkan kepada beliau menarik perhatian Khadijah untuk menjadikan nabi Saw sebagai suaminya. Nabi Saw kemudian menikah dengan Siti Khadijah pada umur itu.

Referensi

  1.  Belajar dari tahapan hidup Rasulullah Saw, https://perkarahati.wordpress.com/2014/04/11/belajar-dari-tahapan-hidup-rasulullah-saw/
  2. Former Stanford dean shares the 8 skills everyone should have by age 18, http://www.businessinsider.com/former-stanford-dean-shares-the-8-skills-everyone-should-have-by-age-18-2016-4?IR=T&r=US&IR=T

No comments:

Post a comment